Cara Mengatasi Gejala Asam Lambung

Kali ini saya mau ulas mengenai [permalink]Cara Mengatasi Gejala Asam Lambung[/permalink]. Bisa jadi informasi atau artikel ini mampu menjadi rujukan atau informasi yang bagus untuk Anda. Selamat membaca.

Kenaikan asam lambung terjadi ketika isi perut Kamu naik menuju esofagus dan kerongkongan, kadang menyebabkan radang pada esofagus. Sulit ini terjadi ketika sfingter esofagus komponen bawah (lower esophageal sphincter atau LES) pada jalan masuk perut terlalu mengendur.Asam lambung yang naik juga dapat mengiritasi esofagus dan memunculkan rasa panas di dada (heartburn) dan leher.

Makanan dan minuman tertentu seperti makanan berlemak dalam jumlah banyak, cokelat, kopi, dan alkohol juga bisa meningkatkan resiko refluks. Berjenis-jenis kondisi medis juga dapat menimbulkan gejala refluks asam lambung.

Sebagian hal yang dapat Kamu lakukan untuk mengurangi dan mencegah kenaikan asam lambung:

1. Menghindari makanan pemicu dan mengendalikan porsi

GERD dapat dipicu oleh makanan yang mengandung banyak lemak. Makanan berlemak dicerna lebih lama oleh tubuh sehingga lambung memproduksi asam lambung lebih banyak dan berisiko naik ke kerongkongan. Selain itu, hindari kopi, cokelat, alkohol, dan makanan pedas karena beresiko membikin katup kerongkongan komponen bawah menjadi rileks sehingga mempermudah asam lambung naik ke kerongkongan. Kecuali itu, usahakan makan dengan porsi kecil melainkan acap kali.

2. Perhatikan Kwalitas Tidur Kamu.

Sebuah tinjauan dari 100 studi ilmiah, melihat ada hubungan antara gaya hidup dengan gejala refluks. Salah satunya yaitu sistem tidur. Bagaimana Kamu tidur yaitu salah satu sistem yang paling efektif untuk mengontrol gejala refluks lebih ketimbang modifikasi pola makan. Tidur dengan kepala tempat tidur ditinggikan (atau tubuh Kamu sedikit disangga bantal) akan mengurangi kekambuhan gejala GERD.

3. Hindari makanan asam.

Asam lambung dapat dibawa oleh makanan asam. Buah-buahan jeruk yakni beberapa dari makanan yang paling asam. Ini tidak berarti Anda mesti menghilangkan makanan ini sepenuhnya dari diet, melainkan Anda harus memantau konsumsi makanan Kamu.

4. Jauhi makanan pedas.

Peneliti memperdebatkan apakah makanan pedas bisa benar-benar menyebabkan kenaikan asam lambung. Tetapi apa pun kondisinya, banyak orang menemukan bahwa makanan pedas dapat membikin mereka sakit perut.

5. Makan dalam porsi kecil.

Makan dalam porsi besar akan menyebabkan perut Kamu lebih meregang. Ini memberikan beban tambahan pada otot yang menghubungkan perut ke kerongkongan (LES). Hasilnya, kemungkinan munculnya gejala akan meningkat. Makanlah 3-4 kali dengan porsi lebih kecil dan merata tiap hari.Petunjuk ini betul-betul penting, karena makan tiga kali makan porsi kecil dan satu kali makan besar tidak akan menguntungkan Kamu.

6. Kunyah permen karet non-pepermint.

Permen karet menyebabkan mulut memroduksi lebih banyak air liur, yang dapat membantu menetralkan dan menyeimbangkan pH lambung. Melainkan, Kamu semestinya menghindari permen rasa peppermint.

7. Tidur dengan posisi lebih tinggi

Yang semestinya dilakukan adalah meninggikan posisi tubuh atas lebih tinggi dari tubuh bagian bawah. Bagian tubuh atas yang butuh ditinggikan merupakan pinggang ke atas. Cuma menambahkan bantal di kepala biasanya tidak tepat sasaran.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan sesuai yang Anda harapkan yaitu seperti judul artikel ini: Cara Mengatasi Gejala Asam Lambung. Baca juga artikel lain dibawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *